Workshop Review dan Penyelarasan Kurikulum
SMK PGRI 3 Denpasar
Tahun Pelajaran 2021/2022
Peningkatan mutu pendidikan sangat diperlukan guna memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas. Salah satu peningkatan kualitas yaitu dengan cara menyusun kurikulum pendidikan yang dijalankan dalam proses pembelajaran. SMK PGRI 3 Denpasar mengadakan kegiatan Workshop Review dan Penyelarasan Kurikulum selama 5 (lima) hari, dumulai pada Selasa 24 Agustus 2021. Acara diadakan di ruang Aula Serba Guna diikuti oleh seluruh guru, ketua MGMP dan staf SMK PGRI 3 Denpasar.
Pembukaan acara tersebut diawali dengan sambutan Kepala SMK PGRI 3 Denpasar, Drs. I Nengah Madiadnyana, MM. Dengan tema “ Mengembangkan kurikulum Berbasis Merdeka Belajar” beliau menyampaikan agar para guru dalam membuat kurikulum yang pas sesuai kebutuhan dan potensi anak didik serta seorang guru haruslah menjadi seorang pemimpin (Teacher’s Leadership).” Guru adalah pemimpin bagi siswa dalam pembelajarannya, setiap saat guru harus melakukan suatu tindakan sebagaimana seorang pemimpin di dalam kelasnya. Ia harus dapat menentukan dan memutuskan apa yang harus ia lakukan demi menjadi guru yang baik dan profesional. Ia berdiri di depan menunjukkan bagaimana seharusnya menjadi guru yang berkualitas bagi peserta didiknya,” ujar Madiadnyana.
Adapun sambutan dari Kepala Bidang Pembina SMK Disdikpora Provinsi Bali sekaligus membuka acara Workshop menyampaikan kurikulum yang tersusun harus sinkron dengan IDUKA. Sinkronisasi IDU/DI dengan KTSP sangat dibutuhkan untuk ketercapaikan kompetensi siswa sesuai kebutuhan Industri khususnya di bidang pariwisata dan tetap mengembangkan sistem pendidikan dasar dan pendidikan menengah berbasis keagamaan Hindu sesuai dengan VISI “NANGUN SAT KERTHI LOKA BALI”.
Dalam hal materi Workshop yang disampaikan langsung oleh Bapak Drs. I Wayan Suwira, M. SI, M.Pd. selaku Pengawas SMK menyampaikan beberapa point, diantaranya :
- Kurikulum saat ini sebaiknya di-review sesuai dengan kebutuhan DU/DI atau sesuai kompetensi yang dibutuhkan lulusan khususnya SMK.
- Semua mapel harus berisi muatan-muatan yang mendukung kompetensi yang dibutuhkan siswa.
- Silabus disusun sesuai KI/KD
- RPP disusun sesuai ketentuan yang berlaku
- RPP berisi : Identitas, KD, IPK, tujuan/karakter yang dicapai, Langkah Pembelajaran dan Penilaian Pada hari kedua, adalah kegiatan tindak lanjut masing-masing Kelompok Kerja (POKJA) Mapel yang dilaksanakan di ruang Aula dan ruang kelasdi gedung timur. Hasil/output dari kegiatan ini adalah Silabus dan RPP untuk selanjutnya divalidasi oleh Pengawas.*ynt

SMK PGRI 3 Denpasar
Tahun Pelajaran 2021/2022